Perbedaan HDD, SSD, dan SSHD - Official Gawai

Latest

Friday, January 25, 2019

Perbedaan HDD, SSD, dan SSHD

GAWAI.web.id | SSD (Solid State Drive), SSHD (Solid State Hybrid Drive) dan HDD (Hard Disk Drive) adalah jenis media penyimpanan yang bisa anda pilih sebagai penyimpanan atau storage harddisk terbaik untuk membuat kinerja atau performa dari PC atau laptop anda lebih baik dari sebelumnya. Ketika akan memilih pilihan jenis media penyimpanan baik itu SSD (Solid State Drive), SSHD (Solid State Hybrid Drive) dan HDD (Hard Disk Drive) maka setiap orang perlu memahami mengenai Pengertian, fungsi dan perbedaan dari tiap media penyimpanan baik itu SSD (Solid State Drive), SSHD (Solid State Hybrid Drive) maupun HDD (Hard Disk Drive) serta ketika akan memilihnya kita tidak bisa sembarangan dan tidak mudah karena perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Ada beberapa faktor yang bisa sahabat gawai jadikan acuan atau patokan untuk membedakan SSD (Solid State Drive), SSHD (Solid State Hybrid Drive) dan HDD (Hard Disk Drive). Berikut ini informasinya untuk anda.

Pengertian
kepanjangan dari SSD, SSHD, dan HDD. SSD merupakan singkatan dari (Solid State Hybrid Drive). HDD merupakan singkatan atau melambangkan nama (Hard Disk Drive), dan SSHD merupakan singkatan dari (Solid State Hybrid Drive). Lalu apa Pengertian, Perbedaan serta Fungsi Penyimpanan Hard disk SSD, SSHD dan HDD?

1. HDD (Hard Disk Drive)

Pengertian Hard Disk Drive (HDD, juga sering disebut Hard Disk, Hard Drive atau Fixed Disk). Hard Disk Drive adalah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil data digital menggunakan disk (cakram) yang dilapisi dengan bahan magnetik.
Media penyimpanan hardisk merupakan perangkat penyimpanan paling umum dan media penyimpanan yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer dan laptop. Selain karena harganya lebih murah, hardisk juga memiliki penyimpanan yang besar untuk pengguna laptop. Untuk kalian yang ingin memiliki penyimpanan sedikit longgar dengan biaya yang sedikit terjangkau, HDD sangat tepat untuk kamu. Pada dasarnya Hardisk adalah media penyimanan non-volatile yang menggunakan piringan metal dengan lapisan magnet sebagai tempat untuk menyimpan data. Karena HDD berbasis platter (piringan) berputar untuk menyimpan data, untuk itu HDD cukup beresiko saat bekerja karena komponen-komponennya bergerak.

2. SSD (Solid State Drive) 

Merupakan perangkat media penyimpanan generasi baru, mungkin ini adalah media penyimpanan yang paling nyaman yang pernah yang ada untuk digunakan pada komputer. SSD memiliki banyak keunggulan dari HDD, seperti salah satunya adalah kecepatan yang dapat beberapa kali lebih cepat, Kecepatan baca SSD bisa 5-10 kali kecepatan HDD biasa. Ini akan memberikan perbedaan besar jika Anda membuka file dokumen, membuka program ataupun saat booting. Semua jadi terasa lebih cepat.
Meskipun kegunaan dari HDD dan SSD sama, tetapi SSD tidak memakai piringan metal melainkan menggunakan chip-chip flash yang satu sama lain saling terhubung. Chip-chip ini tertanam pada lapisan motherboard atau bisa saja terpasang pada kartu PCI/PCIs dan berbentuk kotak seperti HDD namun dengan ukuran yang lebih kecil.
SSD telah berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. Karena menggunakan Flash, SSD sudah banyak digunakan oleh perangkat Notebook High-End dan Server.

3. SSHD (Solid State Hybrid Drive) 

Merupakan penyimpanan hybrid yang menggabungkan fungsi HDD dan SSD didalam satu perangkat penyimpanan. Pada dasarnya SSHD berbasis platter (piringan), tapi juga menyertakan flash memory agar transfer data menjadi lebih efisien.

Solid State Hybrid Drives (SSHD) adalah sebuah memori penyimpanan internal laptop / komputer jenis yang dilahirkan setelah berhasil menggabungkan antara dua penyimpanan, yaitu HDD dan SSD dalam satu perangkat. Penggabungan dua jenis tersebut membuat SSHD menghadirkan keunggulan melebihi HDD dan SSD. Contohnya, untuk transfer data SSHD juga menjadi lebih cepat sama halnya dengan SSD dan kapasitas menyimpanannya juga besar dan hal tersebut tentunya mengikuti jejak dari HDD. Kecepatan transfer data dan besarnya kapasitas yang disuguhkan oleh SSHD membuat memori jenis baru ini menjadi lebih direkomendasikan daripada SSD maupun HDD.

Setelah kita mengetahui pengertian, fungsi dan perbedaan dari SSD (Solid State Drive), SSHD (Solid State Hybrid Drive) dan HDD (Hard Disk Drive) sekarang sahabat gawai tinggal memilih mana media penyimpanan yang cocok menurut sahabat gawai untuk dibeli, sehingga nantinya laptop atau komputer bisa berjalan secara optimal.

No comments:

Post a Comment