Terlalu Banyak Waktu Didepan Gadget Memiliki Konsekuensi untuk Otak Anak - Official Gawai

Latest

Tuesday, January 29, 2019

Terlalu Banyak Waktu Didepan Gadget Memiliki Konsekuensi untuk Otak Anak


GAWAI.web.idTerlalu Banyak Waktu Didepan Layar Memiliki Konsekuensi untuk Otak Anak Kecil Data menunjukkan bahwa anak-anak muda terlalu banyak mengekspos waktu di depan TV atau komputer dapat memiliki efek negatif pada perkembangan mereka, termasuk masalah dengan memori, perhatian dan keterampilan bahasa.

Dalam pandangan terbaru tentang topik tersebut, para peneliti melaporkan di JAMA Pediatrics bahwa lebih banyak waktu menonton film terkait dengan kemajuan yang lebih buruk pada langkah-langkah perkembangan terutama seperti keterampilan komunikasi, pemecahan masalah dan interaksi sosial di antara anak-anak muda seiring waktu.

Sheri Madigan, asisten profesor psikologi di University of Calgary di Kanada, dan rekan-rekannya mempelajari 2.441 ibu dan anak yang terdaftar dalam studi All Our Families, yang mengikuti anak-anak kecil dari usia dua hingga lima tahun. Para ibu melaporkan berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak mereka di depan televisi atau layar komputer pada hari-hari biasa, dan juga melaporkan langkah-langkah perkembangan dengan menjawab pertanyaan tentang keterampilan komunikasi, perilaku, dan interaksi sosial anak-anak mereka. Data dikumpulkan pada awal penelitian, ketika anak-anak berusia dua tahun, kemudian lagi ketika mereka berusia tiga dan lima tahun.

Banyak penelitian telah melihat hubungan antara waktu melihat layar dan masalah perkembangan pada satu titik waktu, tetapi dengan mengikuti anak-anak selama bertahun-tahun, Madigan dan timnya dapat belajar lebih banyak tentang bagaimana waktu didepan layar dan perkembangan berinteraksi. Sebagai contoh, sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan waktu didepan layar mungkin berkontribusi pada perkembangan yang lebih lambat, juga mungkin bahwa peran orang tua terhadap anak-anak dengan masalah perilaku dan keterlambatan perkembangan sangat berpengaruh karena para orang tua cenderung menenangkan anak mereka dengan mempersilahkan dengan menonton film, TV , gawai atau permainan video.

"peningkatan waktu didepan layar mungkin berkontribusi pada perkembangan yang lebih lambat, juga mungkin bahwa peran orang tua terhadap anak-anak dengan masalah perilaku dan keterlambatan perkembangan sangat berpengaruh karena para orang tua cenderung menenangkan anak mereka dengan mempersilahkan dengan menonton film, TV , bermain gawai atau game."

Anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu menonton TV, bermain game atau komputer memang menunjukkan kinerja yang lebih buruk pada langkah-langkah perkembangan. Tetapi mereka tidak menemukan bukti bahwa yang sebaliknya terjadi; kelihatannya anak-anak dengan masalah perkembangan lebih cenderung tidak menghabiskan waktu di depan layar. Hubungan tetap kuat bahkan setelah mereka memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi tonggak perkembangan, termasuk pendidikan orang tua, seberapa aktif anak-anak itu secara fisik dan apakah orang tua membaca untuk anak-anak mereka secara teratur. "Hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh berada di depan layar, terutama ketika anak-anak berusia dua hingga lima tahun, ketika otak mereka sedang mengalami periode perkembangan luar biasa,".

Itu sangat mendukung pedoman para ahli yang merekomendasikan membatasi waktu didepan layar untuk anak-anak, ketika otak dengan cepat mengembangkan koneksi baru dan belajar dari setiap isyarat yang diterimanya. “Apa yang menyebabkan terlalu banyak waktu didepan layar adalah berbagai peluang yang terlewatkan untuk pembelajaran dan pengembangan,” . "Ketika seorang anak menonton tv, bermain gawai atau didepan komputer, dia kehilangan kesempatan untuk berjalan, berbicara, dan berinteraksi dengan orang lain."

Tidak semua waktu ketika didepan layar merusak, dan studinya tidak menyelidiki kualitas pemrograman yang ditonton anak-anak. Cara anak-anak menggunakan TV atau komputer juga penting. Menonton bersama orang tua atau pengasuh, misalnya, dapat membuat pengalaman lebih menarik dan kurang pasif, dan bahkan dapat memberikan kesempatan untuk belajar dan pengembangan sosial. "Keluarga dapat mengembangkan kebiasaan media yang sehat," . "Ketika orang tua menonton dengan anak-anak mereka, mereka dapat menunjukkan hal-hal menarik dan berkontribusi pada keterampilan dan pembelajaran bahasa."

[ Sumber : time.com ]

No comments:

Post a Comment